Thursday, April 5, 2012

Pejuang Palestina Tembakkan Lagi Roket ke Israel


Yerusalem (AFP/ANTARA) - Pejuang Palestina di Jalur Gaza menembakkan sebuah roket ke daerah Eshkol, Israel selatan, pada Jumat malam, namun tidak ada korban, kata militer. 
Jumat pagi, jet tempur Israel melancarkan dua serangan udara ke Jalur Gaza sebagai pembalasan atas penembakan roket ke negara Yahudi tersebut pada Kamis malam. 
Kelompok pejuang Palestina, Komite Perlawanan Rakyat (PRC), mengatakan, pihaknya meluncurkan satu roket Kamis untuk mempertahankan Al-Quds (Yerusalem), dimana terjadi peningkatan ketegangan di kompleks Kota Tua yang mencakup masjid Al-Aqsa. 
Bentrokan singkat meletus antara polisi Israel dan demonstran pelempar batu di kompleks itu, kata polisi, dengan menambahkan bahwa aparat menggunakan granat suara untuk membubarkan massa. 
Menurut polisi, empat orang ditangkap dan 11 aparat "cedera ringan akibat lemparan batu". 
Di kota Khan Yunis, Jalur Gaza, ribuan orang Palestina juga berpawai untuk mendukung kedaulatan Palestina atas Yerusalem. 
Sejak awal tahun ini, pejuang Palestina di Jalur Gaza menembakkan lebih dari 40 roket ke Israel selatan, menurut data militer. 
Pada Desember 2011, delapan orang tewas dalam serangkaian serangan udara Israel, enam diantaranya gerilyawan. 
Kekerasan berlangsung di dan sekitar Gaza pada November namun tidak memburuk ke tingkatan seperti yang terjadi pada 29-30 Oktober yang menewaskan 12 gerilyawan Palestina dan seorang warga Israel. 
Kelompok-kelompok pejuang Palestina menyatakan, mereka melaksanakan gencatan senjata yang ditengahi Mesir namun akan membalas jika diserang Israel. 
Daerah sekitar perbatasan Gaza relatif tenang selama beberapa pekan setelah gelombang kekerasan pasca serangan gerilya 18 Agustus di Israel selatan yang menewaskan delapan orang Israel. 
Para pejabat Israel mengatakan, pelaku serangan itu berasal dari Jalur Gaza dan menyeberang ke wilayahnya dekat kota pesisir Laut Merah Eilat melalui Semenanjung Sinai Mesir. 
Lima personel keamanan Mesir dan tujuh orang bersenjata juga tewas dalam kekerasan pada hari itu. 
Suasana memanas antara Hamas dan Israel sejak serangan lintas-batas itu. Sejumlah orang Palestina tewas dalam gempuran-gempuran udara Israel ke Gaza setelah itu. 
Bulan Juli terjadi kenaikan dalam serangan roket dan proyektil lain yang ditembakkan dari Gaza ke Israel, mengakhiri bulan-bulan tenang setelah meletusnya kekerasan pada April ketika sebuah rudal anti-tank menghantam bis sekolah Israel, yang menewaskan seorang remaja. 
Israel membalas serangan itu dengan gempuran udara yang menewaskan sedikitnya 19 orang Palestina dalam kekerasan mematikan sejak ofensif 22 hari di Gaza pada Desember 2008 hingga Januari 2009. 
Israel meluncurkan perang 22 hari itu dengan dalih untuk menghentikan serangan-serangan roket dan mortir. 
Jumlah serangan dari wilayah kantung Palestina itu mengalami penurunan dramatis sejak perang itu, meski sepanjang tahun 2010 hampir 200 roket ditembakkan ke Israel, kata militer. 
Jalur Gaza, kawasan pesisir yang padat penduduk, diblokade oleh Israel dan Mesir setelah Hamas berkuasa empat tahun lalu. 
Israel menggempur habis-habisan Jalur Gaza dua tahun lalu dengan dalih untuk menghentikan penembakan roket yang hampir setiap hari ke wilayah negara Yahudi tersebut. 
Operasi "Cast Lead" Israel itu, yang menewaskan lebih dari 1.400 orang Palestina yang mencakup ratusan warga sipil dan menghancurkan sejumlah besar daerah di jalur pesisir tersebut, diklaim bertujuan mengakhiri penembakan roket dari Gaza. Tiga-belas warga Israel, sepuluh dari mereka prajurit, tewas selama perang itu. 
Proses perdamaian Timur Tengah macet sejak konflik itu, dan Jalur Gaza yang dikuasai Hamas masih tetap diblokade oleh Israel. 
Kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni tahun 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia pada Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam pertempuran mematikan selama beberapa hari. 
Sejak itu wilayah pesisir miskin tersebut dibloklade oleh Israel. Palestina pun menjadi dua wilayah kesatuan terpisah -- Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan Tepi Barat yang berada di bawah pemerintahan Abbas. Kini kedua kubu tersebut telah melakukan rekonsiliasi. 
Uni Eropa, Israel dan AS memasukkan Hamas ke dalam daftar organisasi teroris.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.